Jenis Profesi di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)


Informatika dapat diartikan sebagai suatu disiplin ilmu yang mempelajari transformasi berlambang, yaitu data yang berbasis pada mesin komputasi. Ilmu ini mencakup beberapa bidang seperti sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, sistem komputer dan pengembangan informatika lainnya. Informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan tersebut, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Ilmu komputer yang juga menjadi bagian dari informatika lebih menekankan pada pemrograman komputer dan software. Dasar dari ilmu komputer ini adalah pemahaman komprehensif mengenai algoritma yang berakar pada elektronika, matematika dan linguistik Bidang ini memiliki keterkaitan dengan bidang sistem informasi. Namun informatika lebih menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan manusia yang berhubungan dengan penggunaan komputer.

Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya terbagi dalam 4 kelompok sesuai bidangnya:

A.    Kelompok Pertama
Kelompok pertama adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, data base maupun sistem aplikasi.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti:
1.      Sistem Analis (Anlysis System)
Merupakan orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.
2.      Programmer
Merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.
3.      Web Designer
Merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
4.      Web Programmer
Merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang.

B.     Kelompok Kedua
Kelompok kedua adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat keras (hardware).
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti:
1.      Technical Engineer
Disebut juga teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat komputer.
2.      Networking Engineer
Merupakan orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshootingnya.

C.    Kelompok Ketiga
Kelompok ketiga adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti:
1.      Electronic Data Processing (EDP) Operator
Adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau
organisasi lainnya.
2.      System Administrator
Merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.
3.      Management Information System (MIS) Director
Merupakan orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem informasi, melakukan manajemen terhadap sistem tersebut secara keseluruhan baik perangkat keras, perangkat lunak maupun sumber daya manusianya.

D.    Kelompok Keempat
Kelompok keempat adalah jenis pekerjaan yang diidentifikasikan oleh pengelompokkan kerja diberbagai sektor industri teknologi informasi. Pada kelompok ini, terdapat pekerjaan seperti:
1.      IT Business Development
Merupakan orang yang mempunyai kemampuan dalam mengembangkan suatu bisnis dalam bidang teknologi informasi.

Pengelompokkan profesi di kalangan teknologi informasi juga dapat didasarkan pada SRIG-PS SEARCC (South East Asia Regional Computer Confideration) yang merupakan suatu badan beranggotakan himpunan profesional IT. Indonesia merupakan salah satu anggotanya yang sudah aktif diberbagai kegiatan, seperti SRIG-PS (Special Regional Interest Group on Profesional Standardisation). Kegiatan inilah yang mencoba merumuskan standarisasi pekerjaan di dalam dunia Teknologi Informasi.

Standar model SRIG-PS SEARCC memiliki dua pendekatan dalam melakukan pengklasifikasian pekerjaan. Kedua pendekatan tersebut adalah:
o   Model Berbasis Industri atau Bisnis
Pada model ini pembagian pekerjaan diidentifikasikan oleh pengelompokan kerja di berbagai sektor di industri Teknologi Informasi. Model ini digunakan oleh Singapore dan Malaysia.
o   Model Berbasis Siklus Pengembangan Sistem
Pada model ini pengelompokkan dilakukan berdasarkan tugas yang dilakukan pada saat pengembangan suatu sistem. Model pendekatan ini digunakan oleh Japan.

Beberapa kriteria pertimbangan dalam mengembangkan klasifikasi pekerjaan adalah:
1.      Cross Country, Cross-enterprise applicability (maksudnya pekerjaan yang ada harus relevan dengan kondisi region dan setiap anggotanya memiliki kesamaan pemahaman dan fungsi dari setiap pekerjaan).
2.      Function oriented bukan title oriented (maksudnya gelar atau titel tiap negara bisa berbeda, namun yang terpenting adalah fungsi dari pekerjaan itu adalah sama).
3.      Testable/certifiable (fungsi yang ada bisa didefinisikan dan dapat diukur/diuji).
4.      Applicable (fungsi yang didefinisikan harus dapat diterapkan pada mayoritas profesional TI pada masing-masing region).

3 (Tiga) Tingkatan Pekerjaan menurut SRIG-PS SEARCC, yaitu:
Setiap jenis pekerjaan dari skema di atas masing - masing memiliki 3 tingkatan yaitu :
1.      Supervised (terbimbing). Tingkatan awal dengan 0-2 tahun pengalaman, membutuhkan pengawasan dan petunjuk dalam pelaksanaan tugasnya.
2.      Moderately supervised (madya). Tugas kecil dapat dikerjakan oleh mereka tetapi tetap membutuhkan bimbingan untuk tugas yang lebih besar, 3-5 tahun pengalaman
3.      Independent/Managing (mandiri). Memulai tugas, tidak membutuhkan bimbingan dalam pelaksanaan tugas.

Sumber:
1.      Gung Eka. Profesi Bidang TIK. http://www.bloginformatika.com/2011/05/profesi-bidang-tik.html . Blog Informatika. Diakses pada tanggal 12 Mei 2017
2.      Anonim. Profesi di Bidang Teknologi Informasi Standard SRIG-PS. Repository Universitas Dian Nuswantoro (ppt). dinus.ac.id/repository/docs/ajar.
3.      Erwin Suhandono. Standarisasi Profesi Model SRIG-PS SEARCC. Universitas Gunadarma
4.      Suteki. Berbagai Profesi di Bidang Teknologi Informasi. http://suteki.co.id/berbagai-profesi-di-bidang-teknologi-informasi/ . Suteki IT Solution. Diakses pada tanggal 12 Mei 2017
5.      Zahir. Jenis Pekerjaan di Bidang Teknologi Informasi. http://zahiraccounting.com/id/blog/jenis-pekerjaan-bidang-teknologi-informasi/ . Zahir Accounting. Diakses pada tanggal 12 Mei 2017

Materi Berikutnya

No comments:

Post a Comment